Sabtu, 12 Desember 2009

FOKUS MAPAWI MENYAMBUT KETUA BARU

D i sela-sela kehebohan acara Secangkir Kopi di Fokus Mapawi (5-6 Desember 2009), terselip sebuah agenda pembentukkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memilih Ketua Fokus Mapawi periode 2009-2010. Sehingga terpilihlah nama-nama yang tergabung dalam komisi ini, antara lain; Samuel Billy, Ferdi Pantar, Jaka dan Irma Todingbua. Keempat nama ini diajukan dengan berbagai pertimbangan, salah satunya adalah kesediaan mereka untuk bekerja keras demi terbentuknya kepengurusan baru di tubuh Fokus Mapawi.


Setelah terpilih, keempat nama ini langsung beraksi. Pertama-tama yang mereka lakukan adalah menjaring anggota Fokus Mapawi yang bersedia mencalonkan diri. Saat tak satupun yang berani mencalonkan diri, komisi ini memberikan tawaran ke anggota untuk mengajukan nama-nama yang pantas bagi mereka untuk menjadi calon ketua. Upaya ini sedikit memberikan hasil sehingga muncul lah tiga nama yang direkomendasikan. Ketiga nama tersebut adalah; Adi Lakinau (angkatan 2009), Marten Billy (angkatan 2007) dan Alpensius Jhoni (angkatan 2008).

Langkah selanjutnya adalah menanyakan kesediaan dari ketiga orang tersebut. Semuanya menyatakan siap untuk dicalonkan. Dengan demikian pihak KPU untuk sementara telah memiliki tiga nama untuk diajukan dalam daftar calon ketua Fokus Mapawi periode 2009-2010. KPU juga menunggu calon-calon lainnya hingga waktu yang ditentukan.

Selasa, 8 Desember 2009, tim yang tergabung dalam KPU ini mengadakan rapat kerja komisi. Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa ketiga nama yang telah ditentukan diatas sah menjadi calon ketua Fokus Mapawi yang baru. Diditetapkan juga beberapa hal berkaitan dengan proses pemilihan termasuk waktu dan tempat pelaksanaan PEMILU. Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa waktu dan tempat pelaksanaan PEMILU, yakni pada Minggu, 13 Desember 2009 di Asrama UPP1 Jalan Sukonandi no. 12 A Yogyakarta. Hal lain adalah terkait peraturan dan tata tertib pemilu sebagaimana yang tercantum dalam AD/ART Fokus Mapawi.

Berikut ini dicantumkan profile singkat para calon:

1. Alpensus Joni

Lahir di Ella Hillir pada tanggal 17 Februari 1990, Jhoe (biasa dipanggil) menempuh kuliah di Sanata Dharma pada tahun 2008. Jurusan yang dipilih saat itu adalah Tekhnik Elektro dan ditekuninya hingga sekarang. Jhoe semasa SMA aktif di UKS sekolah dan OSIS. Saat kuliah pun semangat organisasinya tetap menggebu, terbukti dengan bergabungnya pria kutilang (kurus, tinggi, langsing) ini dalam HMJ. Kini Jhoe bertekad melebarkan sayap organisasinya dengan aktif di Fokus Mapawi. Keterbukaan dan komunikasi yang baik menurutnya akan menjadikan Fokus Mapawi sebagai rumah bagi para anggotanya.

2. Michael Marten Billy

Lahir di Nanga Ella pada tanggal 1 Januari 1988, pria yang biasa dipanggil Dede ini sedang menjalani studi di UPN Yogyakarta jurusan Pertambangan. Dede bergabung dengan Fokus Mapawi pada tahun 2007 dan kini tinggal di Asrama Apang Semangai Selain hobi hang out with friends, Dede juga senang maen game dan dengerin musik. Organisasi yang pernah diikutinya adalah OSIS, Jurnalis, PSSV dan Viva Vox. Kini beliau juga sedang bergabung dengan PSM, MEC, HMJ dan Fokus Mapawi. Dede bertekad (jika menjadi ketua) akan mengembangkan kreativitas para anggota dengan program kerja yang menarik.

3. Erik Adi Lakinau

Pria bertubuh tambun ini biasa dipanggil Adi. Dia bergabung dengan Fokus Mapawi sejak tahun 2006. Namun karena program D3 yang ditempuhnya telah selesai, beliau kembali ambil program lanjut (PKS) pada tahun 2009 di Sanata Dharma jurusan PGSD. Adi senang berolahraga, sehingga menurutnya olahraga akan menciptakan kebersamaan dan kekompakkan bagi anggota Fokus Mapawi.

***