Selasa, 05 Januari 2010

KANG MARTEN, TERPILIH SEBAGAI KETUA FOKUS MAPAWI PERIODE 2009-2010

Sebagaimana yang telah dijanjikan tim KPU Fokus Mapawi tahun 2009 untuk segera mengadakan pemilihan ketua baru di tubuh Fokus Mapawi, maka Minggu tanggal 13 Desember 2009 bertempat di Asrama UPP 1 Jalan Sukonandi, Fokus Mapawi menentukan ketuanya yang baru. Pemilihan ini merupakan pemilihan ke-lima sejak berdirinya forum ini. Berdasarkan data yang dimiliki KPU bahwa Pemilu kali ini dihadiri oleh sebagian besar anggota forum, yakni berjumlah 70 orang. Sehingga berdasarkan ketentuan AD/ART, pemilihan ini dianggap sah mengingat 2/3 anggota dari jumlah total 100 orang hadir dalam Pemilu ini.


Di awal acara sempat kecewa mengingat acara baru dimulai tepat pukul 12.00 wib, molor 2 jam dari waktu yang ditentukan dalam undangan KPU. Namun demikian tidak menjadi alasan untuk tetap menyelenggarakan Pemilu. Pemilu diawali dengan ucapan selamat datang oleh saudari Irma selaku pembawa acara dan sambutan dari saudara Jaka selaku ketua KPU 2009 sekaligus pembacaan tata tertib pemilihan. Ketua Fokus Mapawi periode 2007-2009 mendapatkan kesempatan kedua di acara tersebut untuk memberikan sambutan sekaligus membacakan LPJ kepengurusannya. Baru kemudian masuk pada acara inti yakni PEMILU Fokus Mapawi.



Pada bagian ini, pertama-tama dibacakan profil dari masing-masing calon ketua (baca tulisan sebelumnya). Selanjutnya diberikan kesempatan kepada ketiga calon untuk melakukan upaya lobi (kampanye) langsung di hadapan seluruh anggota Fokus Mapawi yang hadir. Anggota berkesempatan untuk berdialog langsung dengan ketiga calon berkaitan visi-misi dan program kerja yang mereka ajukan. Pada sesi ini, antusias anggota begitu tinggi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan layaknya pertanyaan saat debat presiden sehingga sempat membuat para calon ketua kewalahan. Namun karena semangat tinggi ketiganya untuk membangun forum ini, satu per satu pertanyaan tersebut dijawab dengan tenang dan sangat diplomatis.



Sesi pencontrengan menjadi saat-saat mendebarkan bagi ketiga calon ketua. Lebih mendebarkan lagi ketika mulai perhitungan suara. Diawal-awal perhitungan, ketiganya terus bergantian memimpin perolehan suara. Akhirnya saat penghitungan selesai, diperoleh suara terbanyak pertama diraih oleh saudara Marten Billy dengan jumlah 33 suara, disusul oleh saudara Jhony dengan 21 suara dan saudara Erik Lakinau meraih 16 suara. Dengan demikian berdasarkan penghitungan suara akhir pada pemilihan kali ini, maka ditetapkan sebagai ketua Fokus Mapawi periode 2009-2010 adalah saudara Marten Billy. Penetapan Ketua ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh ketua terpilih dan dilanjutkan dengan sambutan perdananya dihadapan anggota yang hadir.



Dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada teman-teman anggota atas kepercayaannya. Dia akan berusaha bekerja maksimal demi kemajuan Forum. Namun dia sadar bahwa dia tidak bisa bekerja sendiri, bantuan teman-teman sangat diharapkan. Sebuah harapan yang ingin diwjudkannya dalam forum tercinta ini, yakni Fokus Mapawi bisa menjadi rumah yang nyaman dan aman untuk ditinggal oleh para penghuninya. Tentunya ini sebuah analogi yang menghendaki agar Fokus Mapawi menjunjung tinggi keterbukaan baik antar para pengurusnya maupun antar anggota dan pengurus. Selamat buat Ketua terpilih, selamat mengemban tugas yang baru. Acara ditutup dengan doa penutup dan salam-salaman di depan asrama.